Rezeki Mengalir Dari Kambing Ettawa


Pandi atau sapaan akrab supandi adalah seorang peternak kambing ettawa, sejak tahun 1994 supandi sudah menggeluti bidang perternakan kambing ettawa. pada tahun 1994, supandi baru memiliki 4 ekor kambing ettawa, dua ekor jantan dan dua ekor betina. Dari 4 ekor kambing itu supandi mulai mengkawinkan kambing-kambing ettawanya. Sejalan beriringnya waktu kambing-kambing supandi menjadi banyak, bahkan sekarang kambing ettawa supandi sudah mencapai 200 ekor dan 40 indukan. Pada tahun 2002 supandi sudah menanda tangani perjanjian dengan seorang importer asal malaysia, setiap bulan ia harus mengekspor  200 ekor kambing ettawa ke Malaysia.

Prospek penjualan kambing ettawa memang sangat bagus. Dipasaran kambing ettawa dihargai cukup tinggi sekitar Rp1,3 juta-Rp4 juta/ekor. Supandi pun sekarang telah mendapatkan keuntungan bersih sekitar 40 juta/bulan.itupun belum ditambah penghasilan dari ekspor kemalaysia yang berkisar 60 juta/bulan.

Permintaan susu kambing ettawa dipasaran terus meningkat. Pasar tradisional butuh pasokan susu kambing hingga 1001/hari. Bahkan Malaysia membutuhkan susu kambing ettawa 1.0011/hari. Dan supandi menjual susu kambingnya seharga Rp 15.000/1liter. Bias dibayangkan berapa penghasilan supandi dalam sebulan. Mungkin ia bias membeli mobil setiap bulan.

Gurihnya bisnis kambing ettawa bukan tanpa kendala. Sulitnya membuat betina hamil dan gangguan penyakit bias menjadi ancaman. Supandi dulu juga pernah merugi 2 juta karena satu induk anaknya tidak bias beranak. Setelah beberapa di kawinkan.

Pneumonia dan penyakit perut kembung musuh paling ditakuti peternak. Hal itu terjadi terutama pada musim hujan. Kambing supandi pun pernah mati puluhan ekor karena perut kembung penyakit itu muncul setelah diberi pakan rumput basah. Semestinya dikeringkan dahulu. Pemilihan pakan harus hati-hati. Namun, jika semua kendala bias diatasi, keuntungan yang diperoleh supandi bukan tak mungkin mengalir ke kantong-kantong peternak kambing ettawa lain. (Sumber Majalah TRUBUS)

1 Komentar

  1. Rezeki Mengalir Dari Kambing Ettawa…………….? memang benar……..! dan ujian untuk mencapai itu pun DAHSYATNYA juga benar………..! Saya merintis peternakan ETTAWA sejak tahun 2008 mulai dari 5 ekor (4 betina + 1 pejantan), saat ini populasinya 50 ekoran dengan volume SUSU KAMBING 20 liter per hari. HARGA KAMBING dan SUSUNYA cukup mahal, tetapi sampai saat ini saya masih cukup kesulitan dalam hal PEMASARAN. Seandainya ada PASAR yg siap kontrak………… SAYA ingin meningkatkan populasi sampai 100 ekor. TAPI BAGAIMANA MUNGKIN………………. segini ajah udah SULIT……………! By Dien : 085220253511


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s