JEFRI VAN NOVIS PENGUSAHA TOUR AND TRAVEL YANG SUKSES


Jefri van novis adalah peria lajang kelahiran bukit tinggi 27 tahun yang lalu. Pertama usaha bisnisnya adalah juala beli produk dalaman wanita bermerek bonita. Bisnis ini mulai ia tekuni sejak mulai masuk perguruan tinggi. Semenjak kuliah jefri mulai berfikir bagaimana caranya menghasilkan uang untuk membayar uang perkuliahan dan biaya hidup di bukittinggi selama berkuliah dipadang. Maka muncullah gagasan untuk berkuliah sambil berdagang. Apa lagi keluarga jefri berlatar belakang pedagang. Maka jadilah jefri pedagang produk pakaian dalaman wanita,celana dalam,korset dan sejenis merek bonita. Modalnya adalah hanya nekat dan kepercayaan dari kakak sepupunya,karena jefri tidak memiliki modal sepersen pun.

Untuk mencari uang buat membayar uang masuk kuliahnya, jefri langsung bergerak memasarka produknya bagi kalangan menengah kebawah di pasar aur kuning, bukittinggi, pasar grosir terbesar di sumatra barat. Jefri memang tipikal orang minang asli, ulet dan pantang menyera. Hari pertama menginjak kota padang, dia langsung memasarkan produknya. Semua penjual dijajalnya, dia juga memasarkan ke pedagng eceran dan kaki lima tentunya dengan harga yang berbeda, sehingga dapat margin yang lebih besar lagi. Di kampus pun ia tidak ragu membawa barang daganganya dan menawarkan kepada rekan kuliahnya. Sambutan teman-temanya pun beragam ada yang melecehkanya dan ada juga yang salut terhadap semangatnya

Meski jefri sangat sibuk berbisnis , bukan berarti kuliahnya diabaikan. Bahkan jefri mampu menyelesaikan studinya di jurusan manejeman pemasaran hanya dalam tempo 3,5 tahun. IPK nya pun terbilang tinggi 3,3 dari skala 4.

Usai berkuliah pada tahun 2004 ,jefri masihtetap memasok barang daganganya ke padang. Namun sehari-hari ia masih suka membantu kakaknya berdagang pakaian dalam.sambil membantu kakaknya ia mempelajari seluk beluk pasar grosir terbesar yang ada di sumatra barat dan mencoba mengenali potensi-potensi bisnis yang bisa digali dari jejaring yang di kembangkan di sana. Akhirnya pada tahun 2006 ia pun merasa mantap untuk membangun bisnisnya sendiri yang terpisah dari kakaknya. Dan ia beralih bisnis menjadi pengusaha tour and travel. Perusahaan ini terutama melayani pemesanan tiket pesawat udara untuk tujuan kedalam maupun ke luar negri. Dengan modal yang tidak terlalu banyak , jefri merintis usaha barunya dengan subagen penjual tiket pesawat. Setelah setahun menjadi subagen, jefri bisa mewujudkan keinginanya menjadi agen resmi.

Pada tahun 2007 ia menggandeng sang kakak untuk mendirikan perseroan terbatas sebagai syarat untuk bisa menjadi agen resmi. Karena modalnya terbatas, ia hanya bisa mengajukan agen satu demi satu maskapai. Potensi bisnis disektor ini terbilang besar. Walaupun jefri mengakui, ketatnya persaingan antgar maskapai penerbangan dan banyaknya bis antar kota antar provinsi membuat margin dari penjualan tiket perjalanan udara makin lama makin kecil. Setiap bulannya kini rata-rata kini bonita bisa menjual sekitar seribu tiket ke berbagai destinasi. Sungguh luar biasa, sekarang jefri telah sukses berbisnis tour and travel.bahkan ia berencana ingin membuka perusahaan penerbangan bonita air.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s